Rabu, 09 November 2011

10 KUNCI SUKSES MENJUAL DENGAN HATI

Menjual baik produk maupun jasa berarti memikat hati calon konsumen. Jadi, mempelajari sisi psikologi dalam penjualan akan berguna untuk meningkatkan omzet bisnis Anda.
Menurut Afandy Totong, Certified Business Permormance Coach dari Brian Tracy Focal Point Business Coaching-USA, untuk menjadi seorang sales handal, hal yang paling penting diyakini adalah bangga dengan profesi Anda.
Berikut kunci sukses menjual dengan hati.

1. lakukan yang Anda cintai.
Penjualan adalah menawarkan atau memperkenalkan sesuatu kepada orang lain. Oleh karena itu yakinlah, produk yang Anda tawarkan sesuai dengan value yang Anda yakini.

2. Tentukan target
Langkah pertama, tulislah target Anda berikut tenggat waktu untuk mencapainya. Daftar semua hal yang mendukung proses pencapaiana tersebut. Tulislah detail bagaimana caranya, jual kemana, supporting system yang diperlukan, dan sebagainya.
Setelah semua rencana ditulis, buatlah skala prioritas, lalu laksanakan. Jangan pernah menunda. Karena menunda berarti melewatkan peluang yang datang hari berikutnya.
3. Gigih dan yakin
Tidak penting berapa kali Anda jatuh, tapi lebih penting lagi seberapa banyak Anda bangkit. Kata bijak dari Charlie Jones, sport caster, bisa menginspirasi untuk terus gigih mencapai target penjualan.
4. Belajar seumur hidup
Jangan sampai ilmu kita ketinggalan zaman. Usahakan selalu up date informasi terbaru berkaitan dengan produk atau jasa Anda. Terus mengisi “ember kemampuan dan keahlian” baru.
Itu cara untuk menjadi makin inovatif. Selain itu, cara atau trik baru dalam menjual produk juga jadi kunci agar kita tetap kompetitif.
5. Waktu aset utama
Artinya, memanfaatkan waktu dengan baik berarti memberikan pelayanan terbaik yang bisa membuat hidup kita lebih bermanfaat untuk orang lain. Oleh karena itu tentukan prioritas, pilih pekerjaan terpenting, dan fokus dengan pilihan tersebut.
6. Ikuti para pemimpin.

Pilih seseorang yang bisa menjadi sosok panutan dalam melakukan penjualan. Jika perlu, mintalah saran kepadanya. Tokoh panutan Anda tentu pernah mengalami jatuh bangun dalam penjualan, sehingga menimba pengalamannya adalah referensi berharga. Selanjutnya, bergeraklah ke atas, tak salah kalau Anda pun bisa melampaui apa yang pernah dicapai oleh tokoh panutan tersebut. Hindari kelompok negatif agar aura positif kian menyertai perjalanan Anda.
7. Layak dipercaya
Penjualan meningkat seiring kepercayaan konsumen pada produk atau jasa yang Anda jual. Karenanya, jagalah integritas sehingga Anda layak dipercaya banyak orang. Prinsipnya, jujurlah pada diri sendiri dan latihlah prinsip kenyataan. Meski merayu konsumen agar mau membeli, janganlah memberi informasi yang tidak benar.
8. Bukalah kreatifitas
Menjual berarti”merayu” orang dengan berbagai sifat dan karakter. Dengan kata lain bila berhadapan dengan 100 orang,perlu memiliki 100 ‘jurus” gunakan kreatifitas dan kelebihan Anda dalam melakukan penjualan.

9. Hukum utama

Beberapa hukum yang perlu dijalankan dalam menjual, antra lain :
a. perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan
b. jangan buru-buru menyalahkan orang karena tidak ada yang salah, yang ada kurang tepat.
c. Kenali karakteristik klien supaya bisa berkomunikasi dengan baik.
d. Pahami kebutuhan atau masalah mereka.
10. Harga kesuksesan
Mustahil memperolah keuntungan tanpa usaha, begitu pula perjalanan msnuju sukses selalu ada harganya. Karenanya, Anda perlu berjuang keras dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Jangan menahan diri karena itu berarti Anda menunda kesuksesan.
Inilah kunci sukses menjual dengan hati. Semoga dapat bermanfaat sehingga memperbaiki kinerja kita dalam menjual.
Sumber : majalah ide bisnis edisi 04/September 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar